Selasa, 29 November 2011

Kalium [K]

Kalium [K]

CAS-ID: 7440-09-7Sebuah: 19 N: 20Am: 39,0983 g / molTidak ada kelompok: 1Nama Grup: logam alkaliBlok: s-blok Periode: 4Negara: padat pada 298 KWarna: putih keperakan Klasifikasi: metalikTitik Didih: 1032K (759 ° C)Melting Point: 336.53K (63,38 ° C)Kritis suhu: 2223K (1950 ° C)Kepadatan: 0.89g/cm3
 Penemuoleh: Sir Humphrey Davypada: 1807Di: Inggris
 Nama AsalDari kalium (pot abu); K dari latin: kalium
 "Potasium" dalam berbagai bahasa.
 SumberDitemukan dalam mineral seperti karnalit [(KMgCl3) .6 H2O] dan silvit (KCl). Kalium membuat naik sekitar 2,40% dari berat kerak bumi, itu adalah unsur yang paling berlimpah ketujuh. Sumber utama kalium ditambang di Amerika Serikat (California, New Mexico dan Utah) dan Jerman. Sekitar 200 ton yang diproduksi setiap tahunnya.

 Kelimpahan
 Universe: 3 ppm (berat)
 Sun: 4 ppm (berat)
 Karbon meteorit: 710 ppm
 Bumi Crust: 15000 ppm
 Manusia:
   2 x 106 ppb berat
   3,2 x 105 ppb oleh atom

        MenggunakanDigunakan sebagai kalium (kalium karbonat) dalam pembuatan kaca, sabun, lensa dan pengganti garam. Juga sebagai potasium nitrat (KNO3, juga disebut sendawa) digunakan untuk membuat bahan peledak dan kembang api warna dalam ungu.Kaca diobati dengan kalium cair lebih kuat dari kaca biasa.Kalium klorida (KCl) digunakan sebagai pengganti garam meja dan juga digunakan untuk menghentikan jantung, misalnya dalam bedah jantung dan di eksekusi dengan suntikan mematikan dalam larutan.

              SejarahKalium ditemukan pada tahun 1807 oleh Sir Humphry Davy, yang berasal dari kalium kaustik (KOH). Kalium adalah logam pertama yang diisolasi dengan elektrolisis.
 CatatanKalium adalah logam paling padat kedua; lithium hanya kurang padat. Ini adalah, lembut leleh rendah solid yang dapat dengan mudah dipotong dengan pisau. Kalium yang baru dipotong adalah keperakan dalam penampilan, tetapi di udara itu mulai menodai arah abu-abu segera.Kalium adalah mineral yang diperlukan dalam nutrisi sehari-hari; itu membantu dalam kontraksi otot dan dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam sel-sel tubuh.Sebelumnya disebut kalium maka 'K' simbol.
 BahayaKalium padat bereaksi hebat dengan air, dan karenanya harus disimpan di bawah minyak mineral seperti minyak tanah dan ditangani dengan hati-hati. 

             Ketika dalam air, mungkin terbakar spontan, membakar dengan nyala ungu. Tidak seperti lithium dan natrium Namun, kalium tidak dapat disimpan di bawah minyak tanpa batas. Jika disimpan lebih dari 6 bulan sampai satu tahun, yang berbahaya shock-sensitif peroksida dapat terbentuk pada logam dan di bawah tutup wadah yang dapat meledak saat membuka.Kalium sangat berbahaya oleh konsumsi atau melalui kontak kulit atau mata, dapat menyebabkan kerusakan mata permanen.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review