Selasa, 29 November 2011

Kalsium [Ca]

Kalsium [Ca]

CAS-ID: 7440-70-2Sebuah: 20 N: 20Am: 40,078 g / molTidak ada kelompok: 2Nama Grup: logam alkali tanahBlok: s-blok Periode: 4UNSUR: padat pada 298 KWarna: putih keperakan Klasifikasi: metalikTitik Didih: 1757K (1484 ° C)Melting Point: 1115K (842 ° C)Kepadatan: 1.55g/cm3
 PenemuOLEH: Sir Humphrey DavyPADA: 1808Di: Inggris
 Nama AsalLatin: kapur, calcis (kapur).
 "Kalsium" dalam berbagai bahasa.

          SumberDiperoleh dari mineral seperti kapur, batu kapur dan marmer. Sangat berlimpah.Membuat naik 3,5% dari kerak (sehingga unsur yang paling berlimpah kelima). Hanya terjadi pada senyawa. Kalsium kebanyakan ditemukan dalam sistem tanah seperti kapur, gipsum (CaSO4 - 2H2O) dan fluorit (CaF2). Stalagmit dan stalaktit mengandung kalsium karbonat (CaCO3).Produksi tahunan sekitar 112 juta ton.

 Kelimpahan
 Universe: 70 ppm (berat)
 Sun: 70 ppm (berat)
 Karbon meteorit: 11000 ppm
 Bumi Crust: 41000 ppm
 Air laut: 390 ppm
 Manusia:
   1,4 x 107 ppb berat
   2,2 x 106 ppb oleh atom

            MenggunakanDigunakan untuk minyak dehidrasi, dekarburisasi dan desulfurisasi dari besi dan paduan, pengambil dalam tabung vakum. Juga digunakan sebagai agen untuk agen paduan aluminium, tembaga dan timah, yang mengurangi untuk berilium dan digunakan dalam pupuk, beton dan plester dari paris.Kalsium merupakan komponen penting dari diet sehat. Kalsium merupakan komponen penting kerang, tulang, gigi dan struktur tanaman.

         SejarahKalsium adalah disiapkan sebagai kapur oleh Romawi di bawah kelopak nama pada abad ke 1, namun logam itu tidak ditemukan sampai 1808. Berzelius dan Pontin amalgam kalsium disiapkan oleh electrolizing kapur dalam air raksa. Davy kemudian sukses dalam mengisolasi logam murni. Mengapa dibutuhkan waktu begitu lama? Kalsium adalah unsur logam kelima paling melimpah di kerak bumi, tetapi tidak pernah ditemukan dalam bentuk unsur karena sangat reaktif. Hal ini ditemukan dalam batu kapur (CaCO3) gipsum (CaSO4.2H2O) dan fluorit (CaF2).

          CatatanKalsium merupakan komponen penting dari diet sehat. Sebuah defisit dapat mempengaruhi pembentukan tulang dan gigi, sedangkan retensi atas dapat menyebabkan batu ginjal. Vitamin D dibutuhkan untuk menyerap kalsium. Produk susu, seperti susu dan keju, merupakan sumber yang terkenal kalsium.
 BahayaKalsium murni adalah logam lunak mengilap yang akan bereaksi hebat dengan air untuk melepaskan hidrogen dan kalsium hidroksida. Kontak dengan kulit dapat menyebabkan luka bakar.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review