Selasa, 29 November 2011

Lithium [Li]

Lithium [Li]
CAS-ID: 7439-93-2Sebuah: 3 N: 4Am: [6,941 (2)] g / molTidak ada kelompok: 1Nama Grup: logam alkaliBlok: s-blok Periode: 2unsur: padat pada 298 KWarna: putih keperakan / abu-abu Klasifikasi: metalikTitik Didih: 1615K (1342 ° C)Melting Point: 453.69K (180,54 ° C)Kritis suhu: 3223K (2950 ° C)Kepadatan: 0.534g/cm3
 Penemuoleh: Johann Arfvedsonpada: 1817tempat: Swedia

 Nama AsalYunani: Lithos (batu).
 "Lithium" dalam berbagai bahasa.
 SumberLithium adalah luas tetapi tidak terjadi di alam dalam bentuk bebas. Karena kereaktifannya, itu selalu ditemukan terikat dengan satu atau lebih unsur lainnya atau senyawa. Ditemukan dalam jumlah jejak dalam mineral; spodumene (LiAl (SiO3) 2), amblygonite (Li, Na) AlPO4 (F, OH)), lepidolite (KLi2Al (Al, Si) 3O10 (F, OH) 2).Kebanyakan lithium komersial pulih dari sumber air asin di Chile. Juga diperoleh dengan melewatkan muatan listrik melalui lithium klorida meleleh.Sekitar 39 ribu ton yang diproduksi setiap tahun.

 Kelimpahan
 Universe: 0,006 ppm (berat)
 Sun: 0,00006 ppm (berat)
 Karbon meteorit: 1,7 ppm
 Bumi Crust: 20 ppm
 Air laut: 0,18 ppm
 Manusia:
   30 ppb berat
   27 ppb oleh atom

             penggunaanDigunakan dalam baterai, keramik, kaca, pelumas, pengeras paduan, farmasi, agen hidrogenasi, cairan perpindahan panas, propelan roket, sintesis vitamin A, pendingin reaktor nuklir, perangkat daya apung air dan produksi tritium. Deoxidizer tembaga dan paduan tembaga.Paduan dari logam dengan aluminium, kadmium, tembaga, dan mangan digunakan untuk membuat bagian-bagian pesawat kinerja tinggi.Lithium garam seperti lithium karbonat (Li2CO3), sitrat lithium, dan lithium orotate adalah stabilisator suasana hati (efeknya adalah karena lithium ion, sehingga jenis garam tidak penting). 

            Mereka digunakan dalam pengobatan gangguan bipolar, karena tidak seperti kebanyakan lainnya mengubah suasana hati obat, mereka melawan baik mania dan depresi. Lithium juga dapat digunakan untuk menambah obat antidepresan lainnya.Jumlah berguna lithium untuk menggunakan ini hanya sedikit lebih rendah dari jumlah toksik, sehingga tingkat darah dari lithium harus dimonitor selama pengobatan tersebut.Logam lithium digunakan sebagai katalis dalam produksi beberapa jenis methamphetamine, khususnya di amatir ilegal "met laboratorium."

                      SejarahPetalite (LiAlSi4O10), yang telah lithium di dalamnya, ditemukan oleh ilmuwan Brasil Jose Bonifacio de Andrade e Silva di akhir 1700-an dalam perjalanan ke Swedia. Lithium ditemukan oleh Johan Agustus Arfwedson pada tahun 1817. Arfwedson menemukan unsur baru dalam spodumene mineral dan lepidolite dalam bijih petalite (LiAl (Si2O5) 2) bahwa ia menganalisis selama penyelidikan rutin beberapa mineral dari tambang di pulau Uto di Swedia. Pada 1818 Kristen Gmelin adalah yang pertama untuk mengamati bahwa garam lithium memberikan warna merah terang dalam nyala. Kedua pria mencoba dan gagal untuk mengisolasi elemen dari garam-garamnya.Unsur tidak terisolasi sampai William Thomas Brande dan Sir Humphry Davy kemudian digunakan elektrolisis pada oksida lithium pada 1818. 

            Robert Bunsen dan Matiessen terisolasi jumlah yang lebih besar dari logam dengan elektrolisis lithium klorida pada tahun 1855. Produksi komersial dari logam lithium dicapai pada tahun 1923 oleh perusahaan Metallgesellschaft Jerman melalui elektrolisis menggunakan lithium klorida dan kalium klorida cair. Ini tampaknya diberi nama "lithium" karena ditemukan dari mineral sementara lainnya logam alkali umum adalah pertama kali ditemukan dari jaringan tanaman.

               CatatanLithium adalah logam, lembut keperakan, begitu lembut bahwa hal itu dapat dipotong dengan pisau tajam. Ini adalah yang paling ringan dari semua logam dan memiliki kepadatan hanya setengah dari air.Lithium adalah salah satu dari tiga elemen - dan hanya logam - dibuat dalam saat-saat pertama dari Big Bang. (Dua lainnya unsur hidrogen dan helium, yang menurut ahli kosmologi, diciptakan dalam kelimpahan jauh lebih besar daripada lithium.)

                 BahayaLithium menyebabkan luka bakar yang serius, terutama ketika kontak dengan kulit lembab. Kontak dengan mata dapat menyebabkan kerusakan permanen yang serius.Ini adalah logam hanya yang bereaksi dengan nitrogen pada suhu kamar. Dekat titik leleh, lithium menyatu di udara. Dimiliki lithium api yang berbahaya dan risiko ledakan bila terkena air, asam atau agen pengoksidasi. Lithium kebakaran sulit untuk memadamkan, memerlukan bahan kimia khusus yang dirancang untuk melimpahi mereka. Exothermally bereaksi dengan nitrogen dalam udara lembab pada suhu tinggi. Dalam larutan lithium beracun dan target sistem saraf pusat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review