Selasa, 29 November 2011

Sodium Atau Natrium [ NA ]

Natrium [Na]

CAS-ID: 7440-23-5Sebuah: 11 N: 12Am: 22.989770 g / molTidak ada kelompok: 1Nama Grup: logam alkaliBlok: s-blok Periode: 3
unsur: padat pada 298 KWarna: putih keperakan Klasifikasi: metalikTitik Didih: 1156K (883 ° C)Melting Point: 370.87K (97,27 ° C)Kritis suhu: 2573K (2300 ° C)Kepadatan: 0.968g/cm3
 Penemuoleh: Sir Humphrey Davytahun: 1807Di: Inggris
 Nama AsalDari soda; Na dari natrium Latin.
 "Natrium" dalam berbagai bahasa.

 SumberDiperoleh dengan elektrolisis natrium klorida meleleh (garam), boraks dan kriolit (Na3AlF6). Sodium membuat sampai 2,6% berat dari kerak bumi, sehingga unsur yang paling berlimpah keempat secara keseluruhan dan logam alkali yang paling berlimpah.Produsen primer adalah Jerman, Polandia, Kenya dan Amerika Serikat. 200 ribu ton logam natrium diproduksi setiap tahun; garam (NaCl) sekitar 168 juta ton dan karbonat natrium sekitar 29 juta ton.
 Kelimpahan

 Universe: 20 ppm (berat)
 Sun: 40 ppm (berat)
 Karbon meteorit: 5600 ppm
 Bumi Crust: 23000 ppm
 Air laut: 11500 ppm
 Manusia:
   1,4 x 106 ppb berat
   3,8 x 105 ppb oleh atom

            MenggunakanDigunakan dalam kedokteran, pertanian dan fotografi. Natrium cairan kadang-kadang digunakan untuk mendinginkan reaktor nuklir. Juga digunakan dalam lampu jalanan, sabun, baterai, garam meja (NaCl) (suatu senyawa penting untuk kehidupan), dan kaca.
 SejarahNatrium (kata bahasa Inggris untuk yang soda) telah lama diakui dalam senyawa, tapi tidak terisolasi sampai 1807 oleh Sir Humphry Davy melalui elektrolisis soda kaustik. 

             Di Eropa abad pertengahan senyawa natrium dengan nama latin sodanum digunakan sebagai obat sakit kepala.Kimia Natrium itu singkatan Na pertama kali diterbitkan oleh Jöns Jakob Berzelius dalam sistem tubuhnya simbol atom (Annals Thomas Thomson Filsafat) dan merupakan kontraksi natrium nama baru Latin elemen yang mengacu pada natron, garam mineral alam yang utama bahan adalah natrium terhidrasi karbonat dan yang secara historis memiliki beberapa penting industri dan rumah tangga menggunakan kemudian dikalahkan oleh abu soda, baking soda dan senyawa natrium lainnya.Sodium menanamkan warna kuning kuat untuk api. Pada awal 1860, Kirchhoff dan Bunsen mencatat sensitivitas yang tinggi bahwa tes api untuk natrium bisa memberikan.

              CatatanNatrium berasal dari "soda" kata Inggris dan dari sodanum Latin Abad Pertengahan yang berarti obat sakit kepala. Natrium adalah elemen yang paling berlimpah di bumi terdiri dari keenam 2,6% dari kerak bumi. Ini adalah yang paling melimpah dari logam alkali.Tidak pernah ada di alam, tetapi disiapkan oleh elektrolisis natrium klorida benar-benar kering menyatu. Natrium klorida garam meja umum yang penting dalam nutrisi hewan.Bentuk-bentuk penting lain dari soda abu natrium (Na2CO3), baking soda (NaHCO3), sendawa Chili (NaNO3) yang natrium nitrat. Di alam natrium ditemukan dalam soda sendawa, kriolit (Na3AlF6), amphibole dan zeolit.Ion natrium yang diperlukan untuk regulasi darah dan cairan tubuh, transmisi impuls saraf, aktivitas jantung, dan fungsi metabolik tertentu. Hal ini secara luas dianggap bahwa kebanyakan orang di negara-negara Barat mengkonsumsi lebih dari yang diperlukan, dalam bentuk natrium klorida, atau garam meja, dan ini dapat memiliki efek negatif pada kesehatan.

                BahayaBentuk logam Natrium adalah sangat eksplosif dalam air dan adalah racun ketika bentuk bebas dengan unsur lainnya. Bentuk bubuk dapat membakar secara spontan di udara atau oksigen. Logam ini harus ditangani dengan hati-hati setiap saat. Natrium harus disimpan baik dalam atmosfir inert, atau di bawah hidrokarbon cair seperti minyak mineral atau minyak tanah.Reaksi natrium dan air adalah salah satu akrab dalam kimia laboratorium, dan cukup aman jika jumlah natrium yang lebih kecil dari penghapus pensil yang digunakan, dan reaksi dilakukan di balik kaca pelindung plastik oleh orang-orang memakai pelindung mata. 

                      Namun, reaksi natrium air tidak baik skala, dan berbahaya ketika sejumlah besar natrium yang digunakan. Potongan yang lebih besar dari natrium meleleh di bawah panas reaksi, dan bola cair dari logam didukung oleh hidrogen dan tampaknya menjadi stabil bereaksi dengan air sampai percikan mencakup lebih dari massa reaksi, menyebabkan pelarian termal dan ledakan yang menyebarkan natrium cair dan alkali.Hanya ada sangat sedikit bahan yang akan memadamkan api logam natrium, seperti Pyromet dan Met-LX. Pyromet adalah NaCl / (NH4) 2HPO4 campuran, dengan aliran / anti-rumpun agen. 

              Ini smoothers api, saluran pergi panas, dan meleleh membentuk kerak kedap. Ini adalah bubuk kering tabung extingusher api standar untuk semua kelas kebakaran. Met-LX kebanyakan hanya NaCl, dengan sekitar 5% Saran sebagai kerak-mantan, dan beberapa aliran / anti-rumpun agen, dan ini paling sering tangan diterapkan dengan sendok. Ada juga bahan pemadam api exreme lainnya - Lith-X adalah bubuk kering berbasis grafit dengan flame retardant organofosfat, dan Na-X adalah bahan Na2CO3 berbasis.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review